Website ini bertujuan memberikan informasi tentang seluruh wisata yang ada di Desa Ledokombo, Jember, Jawa Timur

Follow Me
  • No products in the cart.
TOP
Image Alt

WISATA LEDOKOMBO

KAMPUNG WISATA BELAJAR LEDOKOMBO

KAMPUNG WISATA BELAJAR LEDOKOMBO adalah sebuah kawasan pedesaan yang memiliki beberapa karakteristik khusus untuk menjadi daerah tujuan wisata. Di kawasan ini, penduduknya masih memiliki tradisi dan budaya yang relatif masih asli. Selain itu, beberapa faktor pendukung seperti makanan khas, sistem pertanian dan sistem sosial turut mewarnai sebuah kawasan desa wisata. Di luar faktor-faktor tersebut, alam dan lingkungan yang masih asli dan terjaga merupakan salah satu faktor terpenting dari sebuah kawasan tujuan wisata.

Selain berbagai keunikan, kawasan desa wisata juga harus memiliki berbagaifasilitas untuk menunjangnya sebagai kawasan tujuan wisata. Berbagai fasilitas ini akan memudahkan para pengunjung desa wisata dalam melakukan kegiatan wisata. Fasilitas-fasilitas yang sebaiknya dimiliki oleh kawasan desa wisata antara lain adalah sarana transportasi, telekomunikasi, kesehatan, dan juga akomodasi. Khusus untuk sarana akomodasi, desa wisata menyediakan sarana penginapan berupa pondok-pondok wisata (home stay) sehingga para pengunjung pun turut merasakan suasana pedesaan yang masih asli.

“Tempat dimana pertemuanberbagai golongan dan berbagai latar belakang¬† (Golongan, ras, ethnis bangsa dab kelompok budaya ) dikelola untuk saling menguatkan demi menciptakan perdamaian keadilan dan kesejahteraan, khususnya untuk anak anak, generasi penerus bangsa, harapan dunia”

Permainan tradisional saat ini telah banyak ditinggalkan generasi muda. Baik di perkotaan maupun dipedesaan, anak-anak cenderung dimanjakan dengan kecanggihan teknologi seperti handphone, komputer, dan televisi. Namun di Tanoker Ledokombo, permainan tradional dieksplorasi dan terus dikembangkan untuk memelihara nilai-nilai budaya yang terkandung didalamnya. Salah satu permainan tradisional yang sangat di gemari anak-anak sampai orang dewasa adalah Polo LumpurBakiak dan Egrang (batok, bamboo, besi), Gobak Sodor, Petak Umpet, Kelereng, Dakon, Layangan (musiman) dan Kekean (gasing) serta permainan Tradisional lainnya .

Ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan untuk mengukur seberapa besar kreatifitas seseorang seperti melukis, merancang, menciptakan, menggambar, dan memahat. Di Tanoker,wisatawan dapat mengekspresikan daya imajinasi dengan menciptakan sesuatu yang baru seperti membuat boneka Egrang dari pelepah pisang, melukis Egrang batok menggunakan cat air, merangkai Egrang bambu serta mengecatnya, membuat dompet dari kain perca, membuat boneka jari, pensil boneka, gantungan kunci, aneka pin, dan kalung dari kain flannel serta perca. Wisatawan dapat membawa pulang hasil kerajinan yang telah mereka buat sebagai oleh-oleh.

Comments

  • Martha Grey

    Ut sint posse sit, eum sumo diam ea. Liber consectetuer in mei, sea in imperdiet assueverit contentiones, an his cib.

    September 7, 2018 at 10:20
    • James Fisher

      Lorem Ipsum dolor sit amet el et hinc agam fabulas. Al alit emnos lnipedit ius.

      October 29, 2018 at 14:33

Post a Comment

You don't have permission to register